Membandingkan Software Open source dengan Proprietary

Sumber: www.linuxandubuntu.com

Sebelum kita membahas perbandingan kedua jenis software tersebut mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Software Open Source dan Software Proprietary. Open Source ialah perangkat lunak (software) yang di mana kode programnya bersifat terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara bebas untuk dipelajari, diubah ataupun dikembangkan lebih lanjut serta disebarluaskan dan boleh untuk memperbaiki bug atau kekeliruan pada program tersebut.

Open source merupakan lisensi pengembangan yang pengelolaannya tidak dikoordinasi oleh seorang individu semata atau sebuah lembaga, melainkan dikoordinasi oleh para pengguna yang saling bekerja sama dalam penggunaan source code yang tersedia bebas dan dapat diakses atau dimodifikasi oleh siapapun. Contoh software open source adalah linux, visual studio code, Android, Gimp, Lightworks.

Software proprietary atau software close source merupakan kebalikan dari software open source karena memiliki makna terikat/tertutup. Hanya perancang dan pengembangnya yang mengetahui source code. Oleh karena itu, penggunaan dan penyebarannya harus memiliki izin dari pengembang. Contoh dari software proprietary adalah Windows, Mac Os, iOS, Microsoft Office, Adobe.

Dari penjelasan diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa open source merupakan software gratis untuk digunakan dan source code terbuka untuk siapa saja. Sedangkan software proprietary harus memiliki lisensi untuk menggunakan dan source code nya tidak dipublikasi kan kepada umum.

Selain open source dan proprietary software, ada satu lagi jenis lisensi software yang bernama freeware. Freeware merupakan software berlisensi berada di tengah antara open source dan proprietary, freeware biasanya bisa kalian gunakan tanpa harus membayar tetapi pembuat software tidak membagikan source code nya ke publik. Developer freeware biasanya memonetize software nya dengan iklan, donasi maupun layanan premium. Contoh freeware diantaranya teamviewer, skype, discord.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *